Jumat, 18 Januari 2013

Mengatasi Masalah Jumlah Postingan di Homepage Tidak Sesuai

Masalah yang akan dibahas kali ini mungkin jarang terjadi, yakni soal jumlah postingan yang tampil di homepage tidak sesuai dengan jumlah postingan sebagaimana yang telah diatur pada bagian setting blog (blogspot).

Misalnya pada kejadian yang kualami pagi ini, blog seorang teman ternyata hanya menampilkan 9 postingan hi homepage, padahal di hari sebelumnya jumlah postingan yang tampil sebanyak 11 buah sebagaimana telah disetting sesuai dengan keinginan empunya blog.

Sayapun mulai puyeng mencoba menyelesaikan masalah tersebut, hingga akhirnya hampir putus asa karena tidak menemukan alasan mengapa hal demikian terjadi, padahal udah utak-atik HTML template. Hingga akhirnya saya adukan permasalahan tersebut ke search engine. Akhirnya saya menemukan dua postingan yang bermanfaat. Postingan pertama hanya menjelaskan apa yang harus dilakukan jika masalah ini terjadi, yakni memperbaiki bagian posting yang dinilai terlalu banyak gambar, atau gambar yang dimuat terlalu besar.

Karena otak saya agak tidak karuan, saya belum mengerti sepenuhnya dengan permasalahan yang terjadi. Hingga membaca sebuah penjelasan di sebuah forum yang menanggapi persoalan yang sama.

Masalah jumlah postingan yang tampil di homepage tidak sesuai
dengan jumlah posting yang diatur/diinginkan, misalnya homepage diatur untuk menampilkan 7  postingan,
sementara yang tampil hanya 5 atau malah lebih sedikit dari itu.

Masalah jumlah postingan di homepage yang tidak sesuai dengan jumlah posting yang telah disetting disebabkan karena scriptnya menggunakan auto read more dari Anhvo. Auto read more itu hanya memanipulasi tampilan dan tidak bekerja untuk memotong konten dalam artian yang sebenarnya. Jadi bisa dikatakan kalau meskipun homepage hanya menampilkan thumbnail gambar dan summary postingan, tapi konten tetap terload utuh.

Kejadiannya ketika sebuah postingan memiliki banyak gambar (atau memuat gambar yang berukuran besar), maka http request yang tinggi dan penggunaan source (misalnya gambar bersumber dari sever lain, makanya sebaiknya gambar dari sumber lain disave terlebih dahulu lalu diupload kembali di blog) yang membebani loading halaman.

Nah, penjelasan di ataslah yang membuat saya mengerti dan tau apa yang harus saya lakukan.

Saya mengecek beberapa postingan yang memuat gambar dengan ukuran besar (di blog teman saya tidak ada album, sehingga mayoritas postingan hanya memuat satu gambar saja), lalu memperkecil dimensi dan ukurannya agar lebih ringan. Usahakan dibawah 100Kb.

Dan ternyata ampuh. Saya menguungkan niat untuk berputus asa. Tengs buat teman-teman yang sudah mau berbagi pengalaman dan pengetahuan. Keep blogging ;)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

info yang bermanfaat
thanks ya
visit dan follow balik ya
http://syafiul25.blogspot.com/

Yoadi76 mengatakan...

Ini yang saya cari.. Makasih gan...

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Garagara - All Rights Reserved, Monitored By Blog Copy B-Seo Versi 3 by Bamz